Menstruasi punya 5 Manfaat !

Posted: 11/10/2010 in Manajemen Qolbu, Pengetahuan.

Menstruasi kadang membuat perempuan sakit, tidak nyaman dan aktivitas agak terganggu. Tapi bersyukurlah jika perempuan masih bisa mengalami menstruasi karena siklus bulanan yang bikin tak nyaman itu justru banyak manfaatnya.

Menstruasi merupakan siklus bulan yang dialami kaum hawa sebelum mengalami menopause. Terkadang sebelum atau saat menstruasi datang, seseorang mengalami PMS (premenstrual syndrome) yang begitu menyiksa seperti kram perut, mudah tersinggung, muntah bahkan hingga pingsan. Sehingga tak jarang ada perempuan yang takut jika menstruasi akan datang.

seorang perempuan sebaiknya tidak lagi mengeluh soal datangnya menstruasi, karena ada 5 manfaat yang bisa didapatkan perempuan jika ia menstruasi setiap bulannya, yaitu:

1. Tubuh mengalami sinkronisasi
Dr Cheryl Pagel, dokter keluarga dari Banner Good Samaritan Medical Center mengungkapkan perempuan yang mendapatkan menstruasi setiap bulannya merupakan bukti bahwa tubuhnya melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan. Hal ini berarti tubuh berada dalam kondisi sinkron dan merupakan salah satu indikator kesehatan yang baik.

2. Tubuh mengalami hal yang positif
Menstruasi setiap bulan merupakan cara alami untuk mengatakan bahwa seseorang tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus.

Hal ini karena, jika seseorang memiliki tubuh yang gemuk akan menyebabkan menstruasi tidak teratur, kondisi ini akibat adanya lemak yang terakumulasi. Selain itu tubuh yang terlalu kurus juga bisa membuat menstruasi tidak teratur.

3. Hidup lebih lama dan bahagia
Penelitian menunjukkan bahwa perempuan lebih sering berusia panjang ketimbang pria. Kondisi ini karena adanya zat besi yang hilang saat menstruasi.

4. Proses pembersihan tubuh
Menstruasi yang datang setiap sebulan sekali bisa membantu melepaskan bakteri dari sistem reproduksi dan memungkinkan tubuh untuk menghilangkan kelebihan zat besi, sehingga dapat menurunkan risiko alzheimer, penyakit jantung dan stroke.

5. Membuat penampilan lebih baik dan nyaman
Sebagian besar perempuan tahu bahwa PMS bisa mendatangkan efek buruk seperti kembung, jerawat, kelelahan atau payudara yang sakit. Tapi biasanya setelah menstruasi datang dan berakhir, maka seseorang akan merasa lebih baik dan nyaman. Perubahan hormonal yang terjadi akan memberikan efek yang signifikan setelah menstruasi berlangsung sekitar 3-4 hari.

Naaah seperti itulah rahmat Allah yang diberikan kepada para wanita. Maka dari itulah bagi para kaum wanita supaya selalu menjaga anugrah yang diberikan Allah itu dengan sebaik baiknya dan jangan digunakan untuk hal hal ymaksiat yang tentu saja di murkai oleh Allah SWT…amiiiin.

Semoga bermanfaat….

 

( from detikHealth )

Komentar
  1. triwi mengatakan:

    makasih infonya bosssss

  2. arie pengend setia mengatakan:

    kalo menstruasinya tidak teratur normal gak ya? trus cara ngilangin rasa sakitnya gimana? soalnya suka tak tertahankan

    • danteskaze mengatakan:

      @ arie ingin setia : paling tidak telatnya gak lebih dari 1 s/d 2 minggu.tidak selalu pada tanggal yang sama tergantung kondisi badan saudara pada waktu itu. tapi kalau telatnya mpe 3 bulan yaaaa. mungkin masalah lain itu mah…kalau rasa sakitnya itu setahu saya wajar. memang harus sakit soalnya kalau tidak bisa berabe pada waktu besuk mau ngelahirin..kan sakitnya bisa berkali kali lipat tuh? nah rasa sakit pada waktu menstruasi anggap saja sebagai terapi psikologi untuk masa depan saat nglahirin anak tercinta.okey?????anyway tengkyu dah koment.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s