Coklat Dan pola makan sehat…..!

Posted: 06/05/2010 in Kesehatan, Pengetahuan.

Siapa sih yang kagak kenal ama coklat?benda yang satu ini tentu saja disukai banyak kalangan baik dewasa, anak anak maupun kakek – nenek ( yang gaul ) suka memakannya.karena rasanya yang aduhai dan menggugah selera.tapi tahukah anda zat apa yang terkandung didalamnya???he he he he…marilah dalam season ini kita bahas bersama…monggoooooooooooooo!

Banyak orang lupa bahwa coklat berasal dari tanaman, persis seperti buah dan sayuran yang dianjurkan bagi kesehatan jantung. Biji coklat sebagai bahan utama coklat merupakan sumber alamiah konsentrat tinggi flavaol antioxidant dan berperan penting dalam perawatan kesehatan.

Coklat aslinya berwarna gelap dengan campuran rasa yang beraneka ragam. Nikmat dan lembut secara khas memiliki presentase tinggi akan cocoa padat ( cocoa, cairan coklat dan coklat lembek-dibanding coklat susu). Coklat yang berwarna gelap dengan kandungan tinggi cocoanya sungguh memiliki dampak positif bagi kesehatan.Antioxidantnya menghalangi radikal bebas yang dapat merusak dinding arteri, selain itu zat yang terdapat dalam coklat juga dapat sebagai perangsang untuk memiliki suasana hati yang nyamandan membantu mencegah serangan jantung.

Flavanol antioxidant dalam produk coklat hamper secara tepat berhubungan dengan konsentrasi cocoa alamiah dalam berbagai produk. Secara umum makin tinggi kandungan cocoa alamiah makin tinggi pula kandungan flavanol antioxidant-nya. Demikian tadi adalah hasil dari satu studi Heershey Co, produsen utama coklat di America Utara yang ternyata pernah dilapporkan oleh kantor berita Cina, Xinhua.

Flavanol antioxidant muncul secara alamiah didalam berbagai makanan yang berbahan dasar tanaman seperti the,buah anggur, blueberry,cranberry dan yang sedang kita bahas adalah bubuk coklat yang merupakan bahan dasar dari semia produk coklat…..yang menarik lgi adalah produk ini menjadi satu sumber flavanol antioxidant yang paling terkonsentrasi secara alamiah. Mereka membunuh radikal bebas yang berkembang dalam dinding pembuluh darah dan dapat mengakibatkan kanker, penuaan dan ostheosclerosis.

Antioxidant merupakan bahan yang membantu menetralkan radikal bebas dan melindungi tubuh terhadap dampak negative yang merusak tubuh. Yang berarti dapat melindungi jantung dan pembuluh darah dari kerusakan oxidative . hal itu bisa diumpamakan dengan menghilangkan karat yang berkembang dalam besi / metal dari waktu ke waktu.

Standart coklat yang berwarna gelap yaitu 40 gram, menyediakan lebih banyak antioxidant dibandingkan dengan porsi standart banyak makanan lain yang diketahui berisi antioxidant termasuk blueberry, kenari dan kismis. Banyak ilmuwan masih menyelidiki bagaimana nilai antioxidant didalam makanan berkaitan dengan kegiatan antioxidant di dalam tubuh. Penelitian yang lebih jauh perlu dilakukan guna memahami lebih dalam bagaiman tubuh menyerap dan memanfaatkan antioxidant ini.

Sekedar informasi bagi para konsumen yang akan membeli coklat, diharapkan memilih cokalt yang berwarna gelap. Mula – mula dapat dilihat dari penampilannya. Coklat yang berkualitas tinggi biasanya memiliki tekstur permukaan yang lembut dan berkilat. Kedua dan yang terpenting adalah rasa sebagai kunci dari semuanya. Coklat yang berwarna gelap asli menimbulkan rasa yang sangat luar biasa saat coklat tersebut meleleh di dalam mulut kita  ( nyam nyam nyam )………sebaliknya jika kita mngunyah coklat yang berkualitas rendah rasanya akan seperti mengunyah permen karet.

Tapi perlu kita pahami juga,,seperti apapun juga enaknya sebanyak apapun juga manfaatnya sangat tidak dianjurkan untuk kita mengkonsumsinya secara berlebihan.karena meskipun memakan sedikit coklat yang berwarna gelap itu baik akan tetapi lebih banyak bukan berarti lebih baik. Coklat berisi kalori dan semestinya dinikmati sekedarnya saja.

Ingatlah bahwa makanan yang seimbang dan banyak berolah raga tetap dan selalu menjadi kunci bagi kesehatan tubuh yang baik….

Selamat hidup sehat……semoga bermanfaat

chuuuup..

Komentar
  1. sedjatee mengatakan:

    semoga sehat selalu…
    menikmati coklat tak harus khawatir kegemukan
    salam sukses..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s