Permainan Rounders

Posted: 04/11/2010 in olahraga, Pengetahuan., Permainan Bola Kecil

Permainan rounders seperti halnya Kasti, Bola Bakar dan Keppers adalah termasuk permainan bola kecil yang sangat menarik untuk dimainkan bagi anak – anak, remaja dan orang dewasa. Perlu diwaspadai bagi yang ingin memainkannya mengingat permainan ini membutuhkan stamina yang segar karena dimainkan di tengah lapangan yang luas. Untuk itu perlu kita ketahui seluk beluk mengenai permainan ini :

1.        Alat – alat  yang digunakan

Permainan Rounders ini juga tidak lepas dari sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang berlangsungnya permainan ini, antara lain sebagai berikut :

1.         Lapangan

Lapangan merupakan sarana yang terpenting dalam Permainan Ronders, mengingat permainan ini memerlukan tempat yang luas.

 

1.      Tongkat pemukul

Berbeda dengan Kasti, Keppers dan Bola Bakar. Tongkat yang digunakan dalam Rounders menggunakan besi alumunium dengan panjang 1 m,berdiameter 7 cm dan panjang pegangannya 46 cm.

2.      Bola

Bola terbuat dari karet dengan bagian dalam terbuat dari serabut kelapa dengan berat 80 – 100 gram, kelilingnya kurang lebih 19 – 22 cm. atau bisa dikatakan lebih besar dan lebih berat dari bola yang digunakan dalam permainan kasti.

3.      Tiang Hinggap

Dalam Rounders, tidak mengenal tiang hinggap seperti halnya Kasti. Akan tetapi menggunakan base ( papan injak ) yang berjumlah 5 buah. Base bisa dibuat dari papan kayu, keset atau bahan sejenis yang digunakan untuk lantai. Dengan ukuran 40 x 40 cm untuk setiap base-nya dan 40 x 80 cm untuk bowler ( pelempar bola ).

2.      Jumlah Pemain

Setelah sarana dan prasarana lengkap, tidak kalah penting untuk menentukan jumlah orang yang akan bermain di dalamnya agar Permainan ini semakin menarik. Adapun jumlah yang telah disepakati adalah :

1.      Setiap regu terdiri dari 12 orang pemain dengan jumlah pemain minimal 8 orang

2.      Setiap pemain diberi nomor dada dari 1 sampai dengan 12

3.      Salah seorang bertindak sebagai kapten regu

 

3.      Wasit

Sebagai sebuah permainan yang akan dipertontonkan kepada khalayak, sudah menjadi aturan yang baku untuk mencantumkan wasit sebagai pengadil dilapangan, agar permainan terlihat lebih menarik untuk dimainkan dan dinikmati, adapun wasit dalam Permainan Rounders adalah :

1.      Satu orang sebagai wasit yang memimpin jalannya pertandingan

2.      Dibantu oleh 3 orang penjaga garis

3.      Sebagai pencatat nilai sebanyak 1 orang

ada hal yang berbeda yang dilakukan wasit Rounders yang tidak dilakukan wasit pada Kasti atau keppers yaitu :

1.      wasit berteriak “ strike “ jika pukulan benar atau lemparan bowler benar

2.      wasit berteriak “  ball “ jika lemparan bowler salah dan atau pemukul tidak memukul

3.      setiap bola dilempar wasit harus selalu berteriak sesuai kriteria diatas

4.      dan jika sebanyak 5 x bowler melakukan kesalahan pada lemparan atau pemukul tidak memukul atau dengan kata lain terjadi “ ball “, maka wasit berteriak “ free walk “ pada pemukul yang berarti pemukul bebas berjalan pada base pertama

4.      Waktu Permainan

Aturan waktu pada Rounders tidak seperti pada Kasti yang menggunakan waktu, di dalam Rounders mereka menggunakan inning untuk menentukannya. Jumlah inning dalam setiap pertandingan antara 3 – 6 inning, dimana 1 inningnya terdiri dari 1 kali jaga dan 1 kali pukul untuk setiap regunya.

5.      Peluit

Untuk menyamakan asumsi dalam permainan antara wasit dan pemain, maka harus dibuat kesepakatan menggunakan kode / isyarat berupa tiupan peluit yang digunakan oleh wasit. Adapun macam dan jenis peluit yang dibunyikan adalah sebagai berikut :

1.      1 x tiupan panjang       :  pergantian ( chance )

2.      2 x tiupan pendek        : pukulan salah

3.      3 x tiupan pendek         : mulai memukul

4.      3 x tiupan panjang        : awal pertandingan / akhir pertandingan

6.      Jalannya pertandingan

Setelah semua komponen terpenuhi saatnya Permainan Rounders dimulai, jalannya pertandingan Permainan Rounders tidak lepas dari hak dan kewajiban setiap pemain yang ada di dalamnya walaupun dalam Rounders permainannya sedikit lebih rumit, yaitu :

1.      Regu Pemukul

Setiap pemain yang masuk dalam regu pemukul mempunyai hak memukul 3 kali. Pemukul dinyatakan betul dalam pukulannya jika :

a.       Bola yang dipukul jatuh, ditangkap, atau mengenai orang yang berada di dalam lapangan antara dua gais salah dan perpanjangannya. Atau dalam sudut antara garis yang menghubungkan base IV dan V dan antarabase I dan base V

b.      Jika dalam pukulan yang pertama atau keduapemukul sudah berhasil memukul bola sah maka tidak diperbolehkan melengkapi pukulannya hingga 3 x sehingga pemukul tersebut harus menuju ke base I.

Dan pemukul dinyatakan salah dalam pukulannya jika :

a.       Pukulan tidak mengenai bola sebanyak 3x sedangkan lemparan dinyatakan “ strike “ oleh wait

b.      Bola terpukul tangan

c.       Bola melewati ruang bebas

d.      Bola jatuh, ditangkap atau mengenai penjaga yang berada di luar garis salah dan perpanjangannya.

e.       Tongkat pemukul keluar ( jika pemain membenarkan posisi maka pukulan dinyatakan sah )

Jika dalam pukulannya  pemain dinyatakan salah, maka pemain yang berada di base baik I – V tidak diperbolehkan lari ke base berikutnya sampai pukulan yang dilakukan benar. dan apabila pemukul melakukan “ ball “ 3 x maka pemukul tersebut “ free walk “ ke base I dan tidak mendapat nilai. Bila terjadi pergantian / change, seorang pemukul belum mendapatkan haknya, maka pemukul tersebut akan mendapatkan haknya kembali pada inning berikutnya.

Dalam Rounders pemukul diperbolehkan menolak lemparan Bowler jika dianggap salah, tetapi jika tetap dipukul dan tidak kena maka oleh waist hal tersebut dihitung satu pukulan. Sebaliknya jika lemparan Bowler betul tetapi tidak dipukul oleh pemukul maka owasit menggap hal itu merupakan satu pukulan.

2.      Regu Penjaga

Dalam Permainan Rounders hal yang terpenting bagi regu penjaga adalah menempatkan pemain terbaik dalam hal menangkap dan melempar bola pada setiap base yang ada. Selain Bowler masih ada dua lagi  jenis penjaga yang berperan penting untuk mematikan lawan, yaitu seorang catcher, orang dari regu penjaga yang bertugas di belakan baze V yang berguna untuk menangkap bola yang dilempar Bowler ke pemukul kalau pukulannya tidak kena. Baseman adalah orang dari regu penjaga yang menjaga setiap base yang ada. Baseman berusaha menangkap bola yang dilemparkan oleh penjaga lain yang dimaksudkan untuk menyentuhkannya ke badan pemukul yang berlari kearah base yang dijaganya.

7.      System Penilaian

Pemain dari Regu Penjaga yang berhasil memukul sah dan dengan selamat dapat menuju ke base I,II,III,IV dan terakhir V dengan selamat ( tidak dibakar oleh baseman ), maka pemain tersebut mendapatkan nilai 2 ( dua ) karena pemain tersebut melakukan home run. Jika seorang pemain dari Regu Pemukul melakukan hal yang sama akan tetapi pada salah satu base pemain tersebut berhenti dan menunggu pemukul lain melakukan pukulan sahnya, kemudian pemain tersebut dapat kembali ke base V, maka pemain tersebut mendapat nilai 1. Apabila seorang pemain dari regu Pemukul melakukan pukulan sah akan tetapi tidak berhasil mencapai salah satu base yang ada, maka pemain tersebut mendapatkan nilai 0.

8.      Penutup

Demikianlah makalah Permainan Rounders penulis sampaikan . Kritik dan saran selalu kami harapkan untuk menambah pengetahuan di bidang permainan ini. Semoga bisa dimanfaatkan bagi guru penjasorkes khususnya dan masyarakat pada umumnya. Terima kasih

About these ads
Komentar
  1. muhlisin mengatakan:

    tengkyu infonya mas…berguna banget…

  2. aghnez mengatakan:

    Terimakasih atas makalah nya yang sangat membantu saya belajar penjas, kebetulan buku saya kurang isinya tentang Rounders.

  3. fery mengatakan:

    jenis pukulan dalam permainan ini ada berapa dan pukulan apa2 saja bos….
    trimakasih

  4. veni cool mengatakan:

    sya lagi ngerjain soal rounders….
    ini sangat penting ….

  5. Fery mengatakan:

    jenis lemparan dalam permainan ini ada berapa dan pukulan apa2 saja bos….
    trimakasih

  6. herman mengatakan:

    thankyuu,,, bro!! ulasanya, materi ini sangat membantu saya untuk pembelajaran d’SD.
    klo bsa d’tmbah ulasanya yg laen mengenai permainan bola besar.

  7. didi mengatakan:

    makasih tentang rounders nya dan saya bisa mengerjakan tugas penjas kes

  8. panji ageng mengatakan:

    sya jgk lg ngerjain tentang rounders tp kalok boleh bisagak di lengkapin rangkumannya ya….. soal gambar lapangan, cara bermainnya ,peraturan bermainnya ,alat yg digunakan.

  9. adif mengatakan:

    makasih maz

  10. soni sawo edi mengatakan:

    thx infonya..

    boleh tw perbedaan antara rounders dan ipers apa yya..??
    mksih..

  11. soni sawo edi mengatakan:

    kipers

  12. thanks for giving me this information, I think it’s not bad for my graduate.

  13. herley mengatakan:

    makasih bos membantu saya dikarenakan rounders adalah judul skripsi saya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s